ceritakan secara singkat bagaimana kronologi peristiwa rengasdenglok,sampai akhir terjadi penyusunan teks proklamasi

Jawaban

Jawaban 1
Males ah kepanjangan tau ceritanya

Pertanyaan Terkait

Golongan yang dijadikan kekuatan kaum komunis untuk melakukan pemberontakan adalah…

Jawaban

Jawabanx golongan PKI

Sebutkan 3 tokoh yang berperan besar dalam penyebaran ajaran komunis!

Jawaban

1 ledjen soeharto

maaf hanya satu, yang saya tahu

# semoga bermanfaat #maaf kalau salah


Arti penting budi utomo

Jawaban

Budi utomo adalah seorang pahlawan yg bjksn

Mengapa daerah lembah sungai eprat dan tigris disebut daerah bulan sabit

Jawaban

 Karena daerah disekitar kedua sungai itu memiliki tanah yang subur dan bentuknya melengkung seperti Bulan Sabit sehingga Sejarawan Amerika Serikat, yaitu Breasted menyebut Mesopotamia dengan ungkapan “The Fertile Crescent Moon” atau daerah bulan sabit yang subur!
Semoga membantu


Mengapa daerah lembah sungai eprat dan tigris disebut daerah bulan sabit

Jawaban

Karena daerah di sekitar sungai itu memiliki tanah yang subur dan bentuknya melengkung seperti bulan sabit sehingga sejarawan Amerika Serikat ,yaitu Breasted menyebut mesopotania dengan ungkapan “the fertile Crescent”atau daerah bulan sabit yang subur..
semoga membantu
Karena saat itu sering terjadi pristiwa bulan sabit

Berikut ini adalah faktor faktor penyebab meletusnya revolusi prancis 1789,kecuali a.kediktatoran pemerintahan kaisar napoleon l
b.penderitaan rakyat akibat beban pajak yang berat
c. lahirnya pemikiran pemikiran baru di bidang pemerintahan
d.hak hak istimewa yang dimiliki oleh kaum bangsawan dan pendeta
e.utang luar negeri yang menumpuk dan harus segera diselesaikan

Jawaban

A.kediktatoran pemerintahan kaisar napoleon 1

Sebutkan tiga hal yang menyebabkan mundurnya kerajaan aceh

Jawaban

1.kerajaan aceh mengalami kekalahan dalam peperangan melawan portugis di malaka.
2.tidak ada tokoh yang cakap untuk menggantikan Sultan Iskandar Muda
3.Daerah daerah taklukan banyak yang melepaskan diri ,seperti johor.perlak,Minangkabau dan Siak.
semoga membatu..

Wujud akulturasi kebudayaan indonesia hindu dalam seni sastra tampak pada ….

Jawaban

1. Tutur (keagamaan)
2.kitab hukum
3 . wiracarita (kepahlawanan ) contoh: mahabarata

a. raja demak yang menyerang malaka? | b. nama tokoh yang menyerang sunda kelapa? | c. hubungan antar sunan? | d. bukti dan teori mekkah? | e. tradisi hari ke-1, 2, 3,…1000 dari budaya mana? jawab plssss

Jawaban

A.pangeran sabrang lor
b.fatahillah
c. –
d. –
e. –
Maaf hanya bisa jawab 2 doang !! semoga bermanfaat .

Tokoh yang membubarkan bpupki

Jawaban

Pada tanggal 7 Agustus 1945, Jepangmembubarkan BPUPKI dan kemudian membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia(PPKI) atau dalam bahasa Jepang:Dokuritsu Junbi Inkai
Yang membubarkan bpupki adalah jepang

Kenapa NICA dan KNIL beniat untuk mengambil alih Jawa dan Sumatera ?

Jawaban

Seperti yang diketahui, Indonesia kaya akan SDA. Belanda tidak akan melepas begitu saja Indonesia yang baru saja merdeka pada kala itu.

Terlebih lagi, Pulau Jawa dan Sumatra didominasi oleh mineral yang bernilai tinggi. Mungkin mula-mula hanya Jawa dan Sumatera, lama-kelamaan jika dibiarkan, Belanda akan kembali melakukan imperialisme di Indonesia.

Motif Belanda kala itu hanya ingin mendapatkan SDA di Indonesia.


Apa istilah lain yg di berikan untuk zaman delezoikum

Jawaban

Zaman batu modern keras

Jawaban

Karena BELANDA mengadu domba setiap kerajaan
KALO BERMANFAAT JADIIN JAWABAN TERBAIK YA

Julukan2 dari kudungga, aswawarman, dan mulawarman?

Jawaban

Raja aswawarman disebut sebagai wangsakerta ( pendiri keluarga kerajaan )

Apa istilah lain yang di berikan untuk zaman delezoikum

Jawaban

Paleozoikum, sorry klo salah.

Sebutkan salah satu ciri peralatan yg di gunakan manusia purba di indonesia pada masa noetikum

Jawaban

1. Pahat Segi Panjang
Daerah asal kebudayaan pahat segi panjang ini meliputi Tiongkok Tengah dan Selatan, daerah Hindia Belakang sampai ke daerah sungai gangga di India, selanjutnya sebagian besar dari Indonesia, kepulauan Philipina, Formosa, kepulauan Kuril dan Jepang.

2. Kapak Persegi

Asal-usul penyebaran kapak persegi melalui suatu migrasi bangsa Asia ke Indonesia. Nama kapak persegi diberikan oleh Van Heine Heldern atas dasar penampang lintangnya yang berbentuk persegi panjang atau trapesium. Penampang kapak persegi tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang besar dan kecil. Yang ukuran besar lazim disebut dengan beliung dan fungsinya sebagai cangkul/pacul. Sedangkan yang ukuran kecil disebut dengan Tarah/Tatah dan fungsinya sebagai alat pahat/alat untuk mengerjakan kayu sebagaimana lazimnya pahat.

Bahan untuk membuat kapak tersebut selain dari batu biasa, juga dibuat dari batu api/chalcedon. Kemungkinan besar kapak yang terbuat dari calsedon hanya dipergunakan sebagai alat upacara keagamaan, azimat atau tanda kebesaran. Kapak jenis ini ditemukan di daerahi Sumatera, Jawa, bali, Nusatenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan.

3. Kapak Lonjong

Sebagian besar kapak lonjong dibuat dari batu kali, dan warnanya kehitam-hitaman. Bentuk keseluruhan dari kapak tersebut adalah bulat telur dengan ujungnya yang lancip menjadi tempat tangkainya, sedangkan ujung lainnya diasah hingga tajam. Untuk itu bentuk keseluruhan permukaan kapak lonjong sudah diasah halus.

Ukuran yang dimiliki kapak lonjong yang besar lazim disebut dengan Walzenbeil dan yang kecil disebut dengan Kleinbeil, sedangkan fungsi kapak lonjong sama dengan kapak persegi. Daerah penyebaran kapak lonjong adalah Minahasa, Gerong, Seram, Leti, Tanimbar dan Irian. Dari Irian kapak lonjong tersebar meluas sampai di Kepulauan Melanesia, sehingga para arkeolog menyebutkan istilah lain dari kapak lonjong dengan sebutan Neolithikum Papua.
4. Kapak Bahu
Kapak jenis ini hampir sama seperti kapak persegi, hanya saja di bagian yang diikatkan pada tangkainya diberi leher. Sehingga menyerupai bentuk botol yang persegi. Daerah kebudayaan kapak bahu ini meluas dari Jepang, Formosa, Filipina terus ke barat sampai sungai Gangga. Tetapi anehnya batas selatannya adalah bagian tengah Malaysia Barat. Dengan kata lain di sebelah Selatan batas ini tidak ditemukan kapak bahu, jadi neolithikum Indonesia tidak mengenalnya, meskipun juga ada beberapa buah ditemukan yaitu di Minahasa.

5. Perhiasan (gelang dan kalung dari batu indah)
Jenis perhiasan ini banyak di temukan di wilayah jawa terutama gelang-gelang dari batu indah dalam jumlah besar walaupun banyak juga yang belum selesai pembuatannya. Bahan utama untuk membuat benda ini di bor dengan gurdi kayu dan sebagai alat abrasi (pengikis) menggunakan pasir. Selain gelang ditemukan juga alat-alat perhisasan lainnya seperti kalung yang dibuat dari batu indah pula. Untuk kalung ini dipergunakan juga batu-batu yang dicat atau batu-batu akik.

TRENDING 🔥  Pas Foto Online Cilacap : doel.web.id

6. Pakaian dari kulit kayu
Pada zaman ini mereka telah dapat membuat pakaiannya dari kulit kayu yang sederhana yang telah di perhalus. Pekerjaan membuat pakaian ini merupakan pekerjaan kaum perempuan. Pekerjaan tersebut disertai pula berbagai larangan atau pantangan yang harus di taati. Sebagai contoh di Kalimantan dan Sulawesi Selatan dan beberapa tempat lainnya ditemukan alat pemukul kulit kayu. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang zaman neolithikum sudah berpakaian.

7. Tembikar (Periuk belanga)

Bekas-bekas yang pertama ditemukan tentang adanya barang-barang tembikar atau periuk belanga terdapat di lapisan teratas dari bukit-bukit kerang di Sumatra, tetapi yang ditemukan hanya berupa pecahan-pecahan yang sangat kecil. Walaupun bentuknya hanya berupa pecahan-pecahan kecil tetapi sudah dihiasi gambar-gambar. Di Melolo, Sumba banyak ditemukan periuk belanga yang ternyata berisi tulang belulang manusia

1.Beliung persegi
2.Kapak lonjong
3.Gerabah

Bisakah anda menjelaskan Sejarah awal masuknya Agama kristen di dunia? *tolong dong.. aku ujian lisan bsok..

Jawaban

Kristen Katolik dibawa masuk ke Indonesia oleh bangsa Portugis, khususnya di pulau Flores dan Timor.

Kristen Protestan pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada abad ke-16 M dengan pengaruh ajaran Calvinis dan Lutheran. Wilayah penganut animisme di wilayah Indonesia bagian Timur, dan bagian lain, merupakan tujuan utama orang-orang Belanda, termasuk Maluku, Nusa Tenggara, Papua dan Kalimantan. Kemudian, Kristen menyebar melalui pelabuhan pantai Borneo, kaum misionarispun tiba di Toraja, Sulawesi. Wilayah Sumatera juga menjadi target para misionaris ketika itu, khususnya adalah orang-orang Batak, dimana banyak saat ini yang menjadi pemeluk Protestan.

Umat Katolik Perintis di Indonesia: 645 – 1500
Agama Katolik untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia pada bagian pertama abad ketujuh di Sumatera Barat. Fakta ini ditegaskan kembali oleh (Alm) Prof. Dr. Sucipto Wirjosuprapto. Untuk mengerti fakta ini perlulah penelitian dan rentetan berita dan kesaksian yang tersebar dalam jangka waktu dan tempat yang lebih luas. Berita tersebut dapat dibaca dalam sejarah kuno karangan seorang ahli sejarah Shaykh Abu Salih al-Armini yang menulis buku “Daftar berita-berita tentang Gereja-gereja dan pertapaan dari provinsi Mesir dan tanah-tanah di luarnya”. yang memuat berita tentang 707 gereja dan 181 pertapaan Serani yang tersebar di Mesir, Nubia, Abbessinia, Afrika Barat, Spanyol, Arabia, India dan Indonesia.

Dengan terus dilakukan penyelidikan berita dari Abu Salih al-Armini kita dapat mengambil kesimpulan kota Barus yang dahulu disebut Pancur dan saat ini terletak di dalam Keuskupan Sibolga di Sumatera Barat adalah tempat kediaman umat Katolik tertua di Indonesia. Di Barus juga telah berdiri sebuah Gereja dengan nama Gereja Bunda Perawan Murni Maria (Gereja Katolik Indonesia seri 1, diterbitkan oleh KWI)

Awal Mula: abad ke-14 sampai abad ke-18
Dan selanjutnya abad ke-14 dan ke-15 entah sebagai kelanjutan umat di Barus atau bukan ternyata ada kesaksian bahwa abad ke-14 dan ke-15 telah ada umat Katolik di Sumatera Selatan.

TRENDING 🔥  Not Musik: Mengitari Harmoni dan Eksplorasi Bunyi : tambahpinter.com

Kristen Katolik tiba di Indonesia saat kedatangan bangsa Portugis yang berdagang rempah-rempah.

Banyak orang Portugis yang memiliki tujuan untuk menyebarkan agama Katolik Roma di Indonesia, dimulai dari kepulauan Maluku pada tahun 1534. Antara tahun 1546 dan 1547, pelopor misionaris Kristen, Fransiskus Xaverius, mengunjungi pulau itu dan membaptiskan beberapa ribu penduduk setempat.

Selama masa VOC, banyak praktisi paham Katolik Roma yang jatuh, dalam hal kaitan kebijakan VOC yang mengutuk agama itu. Yang paling tampak adalah di Flores dan Timor Timur, dimana VOC berpusat. Lebih dari itu, para imam Katolik Roma telah dikirim ke penjara atau dihukum dan digantikan oleh para imam Protestan dari Belanda.Seorang imam Katolik Roma telah dieksekusi karena merayakan misa kudus di suatu penjara semasa Jan Pieterszoon Coen menjabat sebagai gubernur Hindia Belanda.

Pada tahun 2006, 3% dari penduduk Indonesia adalah Katolik, lebih kecil dibandingkan para penganut Protestan. Mereka kebanyakan tinggal di Papua dan Flores.

Kristen Protestan
Kristen Protestan berkembang di Indonesia selama masa kolonial Belanda (VOC), pada sekitar abad ke-16. Kebijakan VOC yang mengutuk paham Katolik dengan sukses berhasil meningkatkan jumlah penganut paham Protestan di Indonesia. Agama ini berkembang dengan sangat pesat di abad ke-20, yang ditandai oleh kedatangan para misionaris dari Eopa ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti di wilayah barat Papua dan lebih sedikit di kepulauan Sunda. Pada 1965, ketika terjadi perebutan kekuasaan, orang-orang tidak beragama dianggap sebagai orang-orang yang tidak ber-Tuhan, dan karenanya tidak mendapatkan hak-haknya yang penuh sebagai warganegara. Sebagai hasilnya, gereja Protestan mengalami suatu pertumbuhan anggota, sebagian besar dari mereka merasa gelisah atas cita-cita politik partai Islam.

Protestan membentuk suatu perkumpulan minoritas penting di beberapa wilayah. Sebagai contoh, di pulau Sula


Upacara Sradha dalam kitab negarakertagama menceritakan…

Jawaban

Upacara sradha adalah upacara umat hindu di pulau jawa zaman dahulu kala untuk mengenang arwah yang telah meniggal

1. Jelaskan bagaimana wayang dapat digunakan dalam proses islamisasi di pulau Jawa?

Jawaban

Berkembangnya karya sastra terutama yang bersumber dari Mahabarata dan Ramayana, melahirkan seni pertunjukan wayang kulit (wayang purwa).Di Indonesia, Islam menghasilkan kesenian bernafas Islam yang bertujuan untuk menyebarkan ajaran Islam.Wayang, termasuk wayang kulit. Pertunjukan wayang sudah berkembang sejak zaman Hindu, akan tetapi, pada zaman Islam terus dikembangkan.wayang digunakan sebagai proses islamisasi dengan cara jalan cerita yang diambil oeh wayang itu adalah cerita islam atau bisa juga cerita jawa yang ada unsur islamnya, atau ceritanya itu mengandung unsur nilai dan nilai-nilai budaya islam

Wayang adalah salah satu metode yang dilakukan oleh wali songgo untuk menyebarkan islam di tanah jawa, dengan wayang sebagai metodenya dan di ikuti dengan cerita tentang islam hal ini dilakukan agar masyarakat itu mudah mengerti apa yang disampaikan

10 perbedaan dan persamaan peradapan kuno di asia, afrika dan amerika

Jawaban

Cari sendiri di buku tulis atau paket

Sumber :